Rabu, 06 Januari 2010

Velg mobil



Mobil retro? why not?.

Pada dasarnya, mobil retro berbeda dengan mobil-mobil yang ada pada umumnya. Bagi sebagian pemilik, mereka tidak berhenti berkreasi untuk membuat mobilnya “tampil beda”.

Salah satu cara mudah, cepat dan sederhana mempunyai mobil retro adalah dengan mengganti velg/pelek. Penggantian velg ini tidak bisa sembarangan, ada kriteria tertentu agar tetap nyaman, aman dan tidak merusak kaki-kaki mobil retro anda.

Velg mobil retro pabrikan Jepang.
Ada perlakuan khusus untuk mobil yang digunakan harian, bila ingin diganti velg yang ukurannya lebih besar dari aslinya, disarankan menggunakan velg maksimal “plus two” dari ukuran standarnya. Plus two adalah istilah dalam modifikasi velg. Artinya, velg penggantinya berukuran 2 tingkat diatas velg standarnya. Ukuran diatas plus two, biasa digunakan hanya untuk mobil-mobil kontes.

Velg mobil diproduksi oleh banyak pabrik diseluruh dunia. Pada awalnya, hanya pabrik-pabrik di negara produsen mobil yang membuatnya,sekarang banyak pabrik-pabrik di negara berkembang yang ikut memproduksi. Sayangnya, velg buatan negara-negara berkembang ini mempunyai kualitas dibawah velg produksi dari negara2 maju, mungkin sesuai dengan harganya yang relative lebih murah.

Bahan velg yang utama adalah alumunium, beberapa jenis velg menggunakan bahan alumunium yang dicampur dengan baja. Bahan-bahan ini diproses dengan beberapa cara, dari yang terkuat yaitu Forged Wheel, Pressure Cast Wheel dan terakhir Cast Wheel. Velg-velg yang beredar saat ini kebanyakan adalah tipe Cast Wheel, itupun dengan kualitas nomer dua, mengingat harganya yang masih terjangkau.

Berbeda dengan velg yang beredar pada tahun 1980. Pada tahun itu, velg yang beredar adalah velg-velg jenis Forged Wheel dan Pressure Cast Wheel. Merek-merek terkenal pada jaman itu antara lain seperti TRD (For Racing Use Only), Enkei COMPE, Hartge, Super Advan, dll.

Model velg ini, untuk masa sekarang memang sudah ketinggalan jaman dan sulit dicari. Akan tetapi velg-velg jenis ini yang sekarang kembali diminati dan paling sesuai untuk mobil retro. Ukurannya berkisar antar 13-15 inchi.

Membeli velg mobil retro ini, mengingat usianya yang sudah “cukup umur”, harus memiliki kejelian dan ketelitian pada saat memilihnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

Bibir Velg, harus bebas dari pecah ataupun benjol. Cara pengecekannya bisa dengan melihat sekilas atau menggunakan mesin balancing agar lebih teliti. Periksa juga apakah ada bekas garis-garis bubutan, karena velg yang pernah bengkok atau benjol pasti diperbaiki dengan cara dibubut.

Offset Velg, apabila ada bekas garis-garis bubutan, berarti velg tersebut sudah dirubah dari kondisi aslinya.

Cat Velg,dalam kondisi asli, cat pada velg akan lebih mengkilap dibanding dengan polesan. Cara paling mudah dengan melihat pada emblem atau cetakan velg tersebut, yang asli sudut cetakan terlihat tajam.

1 komentar: